Sabtu, 07 Juni 2014

          Candi muaro jambi adalah sebuah komplek percandian hindu-budha yang terletak di kecamatan muaro sebo kabupaten muaro jambi, kira-kira sekitar 26 KM arah timur dari kota jambi.
candi yang telah di calonkan ke UNESCO untuk di jadikan sebagai salah satu warisan dunia ini juga termasuk candi yang terbilang sangat terawat dan merupakan tempat wisata yang patut di kunjungi baik oleh masyarakat lokal maupun turis mancanegara.
selain menyuguhkan candi-candi indah yang penuh sejarah,  komplek percandian muaro jambi ini juga menyuguhkan keindahan alam yang masih sangat asri, terawat,  bersih dan juga sekaligus bebas dari sampah, sehingga memungkinkan kita berjalan-jalan menyusuri candi dengan santai dan nyaman bersama keluarga maupun teman-teman.



untuk menyusuri candi yang satu dengan candi yang lainnya terbilang cukup jauh, jika di tempuh dengan berjalan kaki tentu saja cukup menguras tenaga dan juga melelahkan.
Akan tetapi teman-teman tak perlu khawatir, karna di sekitar komplek percandian muaro jambi ini banyak sekali penduduk yang menyediakan penyewaan sepeda maupun transportasi sederhana lainnya seperti skuter, dan masih banyak lagi pilihan transportasi yang lainnya.                       Waahh, pasti semakin menyenangkan ya bersepeda sambil menyusuri candi satu persatu. apalagi di tambah dengan pemandangan alam yang menyegarkan dan membuat fikiran kembali fresh  :).


Di komplek percandian muaro jambi juga terdapat objek wisata alam yaitu kolam telago rajo, dulunya kolam ini di gunakan untuk waduk pengontrol air, sehingga jika hujan turun cukup deras dan air naik tidak sampai menggenangi komplek percandian.
selain di gunakan sebagai waduk, ternyata zaman dulu kolam telago rajo ini juga di gunakan untuk tempat penampungan persediaan air bersih loh.
enak ya zaman dulu, mau mendapatkan air bersih tidak terlalu sulit. tinggal buat waduk sudah dapat menampung persediaan air bersih untuk penduduk sekitar.
kalau zaman sekarang kita buatkan waduk untuk menampung air bersih rasanya susah, kemungkinan besar bakal di penuhi sampah duluan dari pada di penuhi air bersih.

oiya, jika datang di musim penghujan, kemungkinan bagian tertentu dari lokasi percandian akan terendam banjir kira-kira setinggi pinggang orang dewasa,sehingga banyak masyarakat sekitar menyewakan Sampan atau kapal kecilnya kepada pegunjung dengan biaya sewa terbilang murah, yaitu Rp.5000,- per orang dan lebih asyiknya lagi kita di perbolehkan untuk mendayungnya sendiri.
Jadi kita bisa berperahu di atas banjir dan sekitar pohon-pohon yang ada di lokasi tsb sesuka hati.  mau dayung maju, mundur, putar kiri putar kanan pun gak masalah, tapi harus tetap hati-hati ya, nanti menabrak  para pengguna perahu lain, bukan dapet asyik malah perahu kita terbalik, basah dehhh, hehe.

sekian dulu ya teman-teman.
selamat berkunjung di Komplek Percandian Muaro Jambi dan jangan lupa kunjungi terus duniapojok.blogspot.com yaaaa.

PESAN :

0 Comments
Komentar

0 komentar:

Posting Komentar